Siapa yang bilang jika menjalankan sebuah bisnis terbilang mudah? Menjalankan sebuah bisnis diperlukan ketekunan dan kerja keras, termasuk dalam penjualan secara online. Pandemi menghajar lebih dari ratusan penjual yang akhirnya membuka lapak mereka dari rumah dan menjalankan bisnis mereka secara online sejak adanya pembatasan yang diberitakan oleh pemerintah. Kebanyakan pedagang yang akhirnya berpindah menjadi pebisnis online biasanya berasal dari bisnis kuliner. Walau begitu, tidak semua bisnis kuliner rumahan mendapatkan banyak pembeli, melainkan sempat berkurang karena biasanya konsumen melakukan dine-in atau makan ditempat ketimbang melakukan take away alias membawa makanan pulang ke rumah. Jika memang terpaksa pindah dari lokasi bisnis ke rumah, sebaiknya anda mengatur strategi agar penjualan anda tetap stabil, salah satunya adalah dengan mempromosikan produk anda menggunakan adwords. Mulailah beralih pada pemasaran konvensional dan mencoba untuk menggunakan internet untuk meluaskan konsumen anda. Apabila tidak bisa menggunakan adwords, maka anda bisa mengandalkan pagesatu.com/ untuk mempromosikan produk anda di internet.

Apabila tidak memiliki cukup budget, disarankan untuk memberitahu orang-orang terdekat terlebih dahulu agar mereka menjadi konsumen pertama yang mengetahui lokasi anda. Biasanya para konsumen ini akan bertukar informasi mengenai produk anda, jika diantara mereka adalah pelanggan tetap. Jadi, jangan takut kehilangan pelanggan. Sambil menunggu waktu promosi, anda bisa juga menggunakan kemampuan untuk menulis blog atau paling tidak menulis dengan menceritakan produk anda di dalam sebuah website. Kalau tidak memiliki website maka mulailah memasarkan dari media sosial, ini akan menambah konten visual anda untuk menarik perhatian bagi calon konsumen.

Cara lain yang ekstrem dalam menapaki marketing adalah dengan memberikan produk tester, cara ini digunakan untuk mengambil simpati atas perhatian calon konsumen untuk mencoba produk anda sehingga produk anda memiliki kesan tersendiri di mata calon konsumen. Cara ekstrem yang satu ini memang dianggap lebih banyak sumbangsih terhadap rating penjualan, namun juga memiliki kekurangan yakni merogoh kocek lebih banyak dan bersiap untuk tidak mendapatkan keuntungan atau malah sebaliknya, jika produk anda cocok pada calon konsumen maka calon konsumen tersebut akan menjadi konsumen anda di hari ke depannya.

Itulah beberapa trik yang bisa anda gunakan untuk menyeimbangkan pemasaran terhadap produk dan jasa yang anda tawarkan untuk dijadikan bahan promosi kepada khalayak.

Tagged : # #

Corlissa Bramowitz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *